Penderita Gagal Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

Seringkali, penderita gagal ginjal dilarang makan buah dengan kandungan kalium tinggi. Hal ini untuk menghindari adanya hiperkalemia pada pasien dengan penyakit yang ada. Tapi, itu tidak berarti bahwa larangan itu berlaku untuk semua pasien.

"Setiap pasien harus diobati secara terpisah, jadi perawatan dari satu pasien ke pasien lainnya berbeda," kata Dr. Stump Situmorang, SPPD-KGH, Rabu (16/8/2017), dan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Baxter di Kebon. Sirih, Jakarta Pusat.

Pisang merupakan salah satu buah dengan kadar potasium yang sebenarnya cukup tinggi. Jika larangan tersebut mengarahkan pasien dengan keadaan potassium tinggi, atau lebih dari batas normal 3,5-5 mEq / L, salah satu hal yang benar.

"Tapi tidak semua pasien dengan gagal ginjal adalah potassium serius tinggi, yang ditinjau," kata dokter Rumah Sakit IGP Cikini.

Pasien mungkin memiliki kandungan potassium rendah. Kemudian, konsumsi pisang atau makanan lain yang tinggi potassium, seperti umbi, tomat dan kacang merah mungkin hanya untuk penderita gagal ginjal.

Untuk sehatituaku.com mengetahui apakah seseorang mengalami hiperkalemia dapat dilakukan dengan melakukan tes darah. Cara lain adalah dengan memeriksa elektrokardiogram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali 6 Jenis Kanker Paling Menakutkan di Indonesia

Kafein Pada Kopi Bisa Sebabkan Tubuh Gemetar